Tips Merawat dan Mengamankan Smartphone

Berikut ini tips merawat dan mengamankan smartphone. Langsung aja ya, Smartphone adalah gadget rata-rata anak muda sekarang. Rata-rata pembaca pasti merasa tidak bisa lepas dari smartphone?
Berikut adalah beberapa tips yang harus dilakukan untuk melindungi data yang disimpan pada gadget favorit kita dari tangan-tangan jahil. Smartphone modern seperti Blackberry, iPhone dan Google Android bisa lebih kompleks daripada desktop komputer dan memiliki resiko keamanan yang juga tak bisa diremehkan.

Kelima tips merawat smartphone :
1. Gunakan PIN atau password untuk berjaga-jaga. Jika suatu hari telepon Anda hilang atau dicuri maka orang lain tidak dapat mengakses dari home screen smartphone. Dengan cara itu data yang disimpan pada akan dilindungi.

2. Pastikan OS dari smartphone tetap terupdate. Pembaruan ini mencakup patch untuk keamanan terbaru. Untuk itu, jangan lewatkan versi terbaru.

3. Hati-hati dengan aplikasi yang beredar, sebaiknya men-download dari toko app resmi. Jangan biarkan program berbahaya (malware) masuk. Pastikan juga memeriksa review dari pengguna sebelum mendownload.

4. Matikan WiFi dan Bluetooth bila sedang tidak digunakan, agar mengurangi risiko hacker smartphone mengakses remote (jarak jauh) dan mengutak-atik isinya. Selain itu saat menggunakan jaringan WiFi di tempat umum, Pastikan kita berada dalam jaringan yang terenkripsi dan membutuhkan password.

5. Lakukan backup data, satu-satunya cara untuk menghapus virus yang bercokol di smartphone adalah dengan menghapus data yang ada di memori. Jika tidak ingin data pada smartphone kita hilang maka jangan malas untuk melakukan backup secara teratur dari salah satu kontak, pesan, foto sampai dengan aplikasi.

Nah untuk menjaga smartphone tetap seperti kondisi semula, kita bisa memasangkan pembungkus dari bahan yang lunak/soft untuk menghindari gesekan dengan benda lain yang keras dan mungkin bisa membuat smartphone tergores.
Jenis bahan yang paling baik untuk dipilih adalah pembungkus yang terbuat dari bahan campuran karet dan silikon. Bahan ini sangat mudah dipasang dan tidak membuat smartphone tergores.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: