LG LED Monitor, terbaru dari LG

Teknologi pencahayaan LED pada monitor selama ini dikenal hemat energi dan tren produknya tengah naik daun meski masih dibawah pangsa LCD.

LG LED Monitor

LG LED Monitor

Nah inovasi LG Electronics berikutnya ternyata mampu membuat konsumsi daya monitor LED lebih ekonomis, jika LED lebih hemat 40% dari LCD maka dengan feature “Super Energy Saving” dari LG akan diperoleh penghematan tambahan sekitar 25%.

Keunggulan feature baru inilah yang dihadirkan LG pada jajaran monitor Super LED mereka dimana sebagai awalnya diperkenalkan langsung 4 tipe monitor baru yang masing-masing memiliki keunikan tertentu.
Yang pertama adalah seri E41 yang merupakan produk entry level yang menggunakan lampu LED datar sebagai backlight untuk menghasilkan gambar yang cerah dan tajam. Model E41 dipatok dengan harga US$ 143 untuk seri E1941S (layar 18,5”) dan US$ 195 untuk seri E2241T.
Tipe berikut muncul di seri E60 yang tampil memikat dengan penyangga transparan dan tebal bagian layar hanya 12,9mm. Tipisnya layar ini berkat digantikannya 2 chip yang umumnya dipakai di generasi sebelumnya menjadi sebuah chip saja. Model ini tersedia dalam 3 ukuran dengan harga masing-masing US$ 150 (E1960S – 18,5”), US$ 250 (E2260V – 21,5”), dan US$ 315 (E2360V – 23”).
Model lain yang tak kalah keren adalah tipe IPS6 yang menggunakan panel IPS (In Plane Switch)untuk menghadirkan displai yang tampil prima meski dari sudut pandang yang lebar, selian itu teknologi IPS juga memmbuat permukaan layar tampak lebih kokoh dan tak seperti layar biasa yang akan muncul “tanda air” ketika ditekan. Harga awal IPS6 dipatok dengan harga US$ 270 (IPS226V – 21,5”) dan US$ 330 (IPS236V 23”).
Yang paling menarik muncul pada model E90 sebagai monitor paling tipis di dunia dengan tebal hanya 7,2mm. Untuk mempermudah konektivitas, semua koneksi diletakkan di penampang dasar monitor berwarna perak. Seri E90 seharga US$ 365 ini juga memiliki feature khusus Image Booster yang dapat memperbaiki tampilan layar (gambar dan video) dengan bantuan software khusus.
LG LED Monitor

LG LED Monitor

Keempat jajaran Super LED dari LG ini juga telah mendukung tampilan resolusi Full-HD (1920×1080 pixel) untuk ukuran minimal 22” (21,5”).
Tan Jul Darmawan, General Manager Business Solution PT LG Indonesia (LGEIN), seperti dikutip dari infokomputer, menyebutkan bahwa 95% konsumen di tahun 2010 masih menggunakan monitor LCD dengan hanya 5% monitor LED, namun di tahun ini diprediksi penggunaan monitor LED meningkat 3x lipat atau 15%.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: