4 APLIKASI IMAGE CAPTURE DAN SCREENSHOT UNTUK ANDROID

Jika anda adalah pengguna smartphone berbasis ANDROID dan sedang mencari cara untuk mendapatkan screen capture atau snapshot setiap image yang tampil di layar smartphone, maka berikut ini adalah beberapa applikasi sederhana yang bisa anda gunakan :

Screenshot

Screenshot cukup mudah digunakan. Tanpa proses instalasi yang ribet, pengguna hanya perlu mengisi beberapa konfigurasi dasar seperti berapa lama time delay (dari 2 sampai dengan 40 detik) untuk mentrigger screenshot, apa tipe format (Bitmap, PNG, or JPG) yang diinginkan saat hasil screenshot disimpan, dll. Sekali di capture, semua image yang dihasilkan akan disimpan pada folder /sdcard/screenshots/ yang dapat diambil kemudian. Namun ada satu kelemahan, pengguna harus melakukan root pada device mereka sebelum aplikasi ini bisa digunakan, namun jangan takut mencoba karena pada beberapa hape android proses root tidak perlu dilakukan dan aplikasi Screenshoot bisa digunakan dengan baik (saya sendiri menggunakan LGP500 Optimus One dan ngga perlu di-root, aplikasi bisa jalan)

ShootMe

Bila As dibandingkan dengan Screenshot, ShootMe terlihat lebih sederhana lagi dengan metode mengambil screenshot yang sama yaitu dengan menggoyangkan (shaking) device anda, dan ShootMe langsung mengambil snapshot dengan instan. Namun, ShootMe tidak memiliki banyak konfigurasi seperti misalnya tipe format file yang dihasilkan karena secara default langsung disimpan sebagai file .png yang mungkin kurang familiar buat sebagian orang.

Screen Shot It Trial

Beda dengan 2 aplikasi sebelumnya, Screen shot it Trial menawarkan banyak fitur dengan kemampuan untuk melakukan kostumasi image hasil capture seperti fitur crop dan fitur share. Akan tetapi, applikasi ini tidak free dan hanya bisa ambil 5x untuk versi trial sebelum banyak muncul prompt yang mengharuskan kita beli aplikasi itu dari Market.

PicMe
PicMe mengambil pendekatan / metode yang cukup beda dari 3 aplikasi sebelumnya dimana diperlukan untuk menggunakan PC untuk menampilkan dan mengambil hasil snapshot dari mobile device. Anda hanya menjalankan PicMe tapi kemudian harus menggunakan PC dan membuka browser dengan menambahkan http:// didepan tulisan yang tampil di mobile device, cukup ribet yah. Selain ituuntuk menggunakan aplikasi ini, device juga harus di root.

Tergantung kepada penilaian anda, beberapa aplikasi ini tersedia gratis untuk download dari Market, jadi silakan coba sendiri daN pilih aplikasi yang paling cocok buat anda.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: