LG Optimus 2X dengan Prosesor Dual Core dan GPU Nvidia Tegra 2

LG Electronic Indonesia, salah satu vendor handphone ternama asal korea, kembali membuat kejutan dengan meluncurkan smartphone dengan prosesor dual-core Tegra 2 pertama di dunia, pengumuman resmi tentang kehadirannya pun terbilang cukup cepat. Masih mengusung seri Optimus, dan masih kerabat dekat Optimus One dan Optimus ME, adalah Optimus 2X yang akan bersaing di kelas smartphone high end. LG Optimus 2X adalah ponsel cerdas pertama yang secara komersial mengadopsi dan sekaligus menjadi hal yang paling istimewa di LG Optimus 2X adalah penggunakan Prosesor ARM Cortex A9 1GHz dual-core dan GPU Nvidia Tegra 2. Terasa spesial karena keberadaan dua inti CPU tersebut bakal menjadi batu loncatan pengembangan ponsel cerdas ke tahap yang lebih canggih. Dan ini berarti pula bahwa LG Optimus 2X menjadi ponsel Android paling bertenaga yang ada di bumi saat ini.

LG optimus 2X, dengan Prosesor Dual-Core NVidia Tegra 2

LG optimus 2X, dengan Prosesor Dual-Core NVidia Tegra 2

Menggunakan dual core pada ponsel memang salah satu langkah revolusioner yang diambil LG. Tidak sia-sia, Optimus 2X pun berhasil menunjukan kemampuannya ketika dihadapkan dengan beragam aplikasi berat.

Selain prosesor yang bertenaga, LG Optimus 2X juga dibekali dengan aklerasi 3D Tegra 2. Chip ini memang terbukti tangguh ketika digunakan untuk memutar video berukuran 190X1080 pixel. Tidak hanya video, tapi game sejenis GunBros atau Backbreaker juga bisa dimainkan tanpa masalah.

LG optimus 2X, dengan Prosesor Dual-Core NVidia Tegra 2

LG optimus 2X, dengan Prosesor Dual-Core NVidia Tegra 2

Selain itu, Nvidia juga menyediakan beberapa game Android khusus bagi Tegra 2 yang bisa diakses melalui Nvidia TegraZone. Di dalamnya ada beberapa judul seperti Samurai II, Galaxy on Fire II dan beberapa judul lainnya.

Perpaduan antara prosesor dualcore dengan Nvidia Tegra 2 pun tak melulu bermanfaatkan untuk memainkan game atau aplikasi 3D lainnya, ada kalanya akan bermanfaat sekali ketika mengunjungi situs yang memiliki konten flash.

Secara disain ponsel ini terbuat dari material yang solid dengan bodi tipis. Soal bentuk tak ada inovasi khusus, masih seperti ponsel layar sentuh umumnya yakni candybar dengan layar lebar dan bentuk sedikit kaku. Layarnya cukup besar, 4 inci dengan resolusi WVGA 480×800 piksel. Interface yang menyorot di layar terlihat bening, terang dan berwarna – kemungkinan memakai IPS-LCD yang termasuk sebagai teknologi LCD terbaik. Viewing angle-nya pun termasuk optimal.

LG Optimus 2X akan menjalankan sistem operasi Android Froyo (v2.2), dengan dukungan memori internal 8 GB, slot kartu microSD), kamera belakang 8 MP dan kamera depan 1,3 MP.

Di ponsel ini pun tersedia port HDMI, yang bisa disambungkan dengan ke TV untuk memutar video berkualitas HD 1080p hasil rekaman kamera utamanya.  Sebagai informasi, dengan kehadiran prosesor dual core garapan NVidia tersebut maka akan banyak kelebihan yang didapatkan. Baik dari sisi kecepatan, tampilan grafis hingga konsumsi daya yang dibutuhkan, dimana tak ‘sehaus’ versi core tunggal. Bahkan, dari sebuah uji benchmark yang dikutip dari engadget, diperoleh hasil bahwa kinerja prosesor LG Optimus 2X ini jauh melebihi Samsung Galaxy S, Moto Droid X, HTC Evo dan Nexus One.


Sistem operasi Android di LG Optimus 2X ini kedepannya bakal bisa diupgrade ke Gingerbread  (Android v2.3) dan saat ini sudah launching untuk pasar dalam negeri dan harga kisaran Rp. 5 jutaan

Kelebihan:
+ Performa sangat hebat
+ Hasil foto dan video sangat baik
+ Layar cemerlang

Kekurangan:
– Tidak ada tombol kamera
– Belum Gingerbread (rencana siap upgrade ke Gingerbread semester ke-2 tahun 2011)

Spesifikasi LG Optimus 2X
* Dimensi : 123,9 x 63,2 x 10,9 mm
* Berat : 139 gram
* Prosesor: Dual-core 1GHz ARM Cortex-A9 dan GeForce GPU Tegra 2 chipset
* Sistem Operasi : Android 2.2.2 (Froyo)
* Jaringan : GSM (850/900/1800/1900 MHz), HSDPA 900 / 2100
* Layar : TFT kapasitif touchscreen 4″, 16 juta warna 480X800 pixel
* Memori Internal : 8 GB, RAM 512MB
* Koneksi : Bluetooth, kabel data micro USB
* Messaging : SMS, MMS, Email, instant messaging
* Kamera : 8 MP 3264×2448 pixels, autofocus, LED flash Video 1920X1080 @24fps
* Baterai : Litihum Ion 1500 mAh
* Fitur tambahan: HDMI port, Flash 10.2, Digital compass, DivX/Xvid/MP4/H.264/H.263/WMV player


One response to “LG Optimus 2X dengan Prosesor Dual Core dan GPU Nvidia Tegra 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: