TABULET : IPAD KILLER?

Kehadiran berbagai platform berbasis sistem operasi Android sejak beberapa saat yang lalu cukup menarik minat yang tinggi di pasar dunia, termasuk Indonesia. Menyambut pangsa pasar tersebut, baru-baru ini kita dapat menemui kehadiran tablet berbasis Android ber-brand lokal yang muncul dari ide lokal yang diberi nama Tabulet.


Produk tablet ini menggabungkan proses dari beberapa negara, yaitu : perangkat keras yang berasal dari Korea, perangkat lunak dari Amerika, desain dari Hongkong, dan proses perakitan yang dilakukan di Cina.

Founder dari Tabulet menawarkan produk ini dengan harga yang terjangkau (value for money) untuk pasar Indonesia, dengan tujuan menyediakan alternatif Personal Computer yang lebih memungkinkan untuk di beli oleh calon pengguna-pengguna komputer yang belum pernah menggunakan PC sama sekali. Walaupun lebih tertuju bagi pengguna-pengguna awam dan pemula, namun fitur multimedia dan entertainment yang ditawarkannya cukup menarik sehingga juga mampu menjangkau usia muda hingga dewasa, baik pelajar hingga profesional.

Berikut adalah spesifikasi dari Tabulet =
OS : Android 2.1
CPU : 720Mhz ARM 11
LCD : 7” LCD 800X480
Storage : 2GB Nand Flash + External Micro SD Card (Expandable to 32GB)
SDRAM : 256MB DDR2
Video : 1080P Full format video player
Battery : Li-Battery 1500mAh, 7.4V
Battery life : About 4.5 hours
WIFI : Wireless LAN 802.11b/g
3G : Support external 3G module
Others : Camera, Mic, audio, HDMI Video output, High speed USB
Weight : 320g
Size : L220 x W100 x H14mm

Sesuai spesifikasi diatas, Tabulet dengan produk pertamanya Tabulet Mech hadir dengan OS Android 2.1 yang memiliki layar sebesar 7 inci 800 x 480 pixel. Menggunakan prosesor 720 Mhz ARM 11 dan memori sebesar 256MB DDR2 SDRAM, serta memiliki storage sebesar 2GB Nand Flash dan memiliki eksternal storage yang dapat diekspansi hingga 32GB melalui slot Micro-SD. Tabulet Mech mampu menampilkan video berukuran 1080p dengan format mpeg1, mpeg2, wmv9, mpeg4-sp, asf, divx, h.263, h.264, rmvb, mov, mkv dan ts. Untuk dukungan audio, Tabulet ini mampu membaca format wma, mp3, wav, oog, aac, dan eaac.

Tabulet Mech menggunakan baterai Li-Battery 1500mAh dengan daya 7,4V yang mampu bertahan hingga penggunaan sekitar 4,5 jam. Dukungan lainnya seperti Wi-Fi 802.11b/g, eksternal 3G module, kamera, mic, HDMI video output, dan high speed usb tercakup di dalam Tabulet ini. Ukurannya yang memudahkan pengguna sebesar 220×100×14 mm serta bobot yang ringan sebesar 320 gram, menjadikan Tabulet ini dapat selalu menemani diberbagai aktivitas keseharian Anda.

Tabulet dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap dan didukung juga oleh firmware & hardware yang memadai. Apa saja kelebihan dari tablet PC tersebut? Berikut ini detailnya =
Tabulet customized body design
Body yang tipis dan ringan memudahkan untuk dibawa kemanapun serta dilengkapi dengan tombol multi fungsi di bagian belakang menjadikan pengoperasian terasa lebih mudah.
Tabulet customized firmware
Firmware di-design sehingga Tabulet bisa lebih cepat prosesnya dan tahan lama baterainya. Users juga kelak dapat meng-upgrade firmware lewat website http://www.tabuletpc.com
Better than average Screen quality
Screennya, menggunakan material yang baik dan mampu memainkan 1080p HD movie.
Stereo Speaker with high quality sound
Speaker dengan kualitas baik, memberikan pengalaman audio yang superior.
• Multi touch screen
Tersedia fungsi touch dengan dua jari.
• 3D gaming ability
Bosan dengan games yang itu-itu aja? Kesal karna harus bayar tiap kali download games terbaru? Tabulet Android solusinya! Dapatkan secara GRATIS games seru kesukaan hanya di Android market.
• Accelerometer
Menghasilkan pengalaman yang lebih berkesan saat memainkan games atraktif seperti balap mobil.
1 year warranty
Membuktikan dedikasinya untuk membuat produk dan memberikan layanan purna jual terbaik & juga menyediakan fasilitas dimana Tabulet users bisa meng-upgrade firmware lewat website http://www.tabuletpc.com

Kekurangan yang cukup terasa dalam penggunaan Tabulet adalah dalam menavigasi produk yang menggunakan layar jenis resistif & mendukung multitouch ini, sepertinya layar masih dirasakan agak kurang sensitif sehingga kita harus menyentuh dengan pas apabila menggunakan jari karena kalau tidak maka tablet ini kurang mengenali sentuhan kita dengan baik. Pilihan menggunakan stylus yang tersedia dalam paket pembelian atau kuku jari sedikit memperbaiki masalah ini, tapi menurut informasi dari pihak produsen hal ini akan teratasi apabila kita mengupgrade firmware ke versi yang lebih baru yang akan di luncurkan tahun depan (2011).

Untuk solusi penggunaan Tabulet kita bisa mengecek di = http://www.facebook.com/tabulet

Sedangkan untuk koneksivitas, pilihan menggunakan wifi dan USB modem mungkin memang sudah mencukupi tapi cukup disayangkan tidak tersedia fitur pemasangan SIM Card ke Tabulet PC karena fitur GPS via google mapsnya akan cukup berguna apabila Tabulet kita gunakan saat mengendarai mobil

Namun dengan kemampuan gaming 3D, accelerometer, dan stereo speaker dengan suara berkualitas tinggi serta harga yang cukup terjangkau dibandingkan produk sejenis pada merek lainnya, maka Tabulet Mech ini bisa menjadi pilihan yang cukup menarik untuk Kaskuser.

Tabulet sendiri mulai tersedia bulan Desember ini dan secara bertahap akan didistribusikan ke seluruh Indonesia tahun depan (2011) dengan banderol harga yang ditawarkan dengan kisaran Rp 2.000.000,-

*Pada bulan Januari 2011 akan tersedia accessories2 seperti = Leather Cover, Car Power Adapter, Screen Protector & USB Cable Adapter, yang akan dijual terpisah.

Kelebihan =
– Fitur multimedia & entertainment yang menarik ;
– Harga terjangkau ;
– Aplikasi Android sebagian besar dapat kita download secara gratis.

Kekurangan =
– Sensifitas layar agak kurang apabila belum melakukan upgrade firmware.

More : http://www.tabuletpc.com

 


One response to “TABULET : IPAD KILLER?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: