PERANGKAT MOBILE 2011

Ledakan tren mobile di tahun 2010 sepertinya akan terus berlanjut. Mulai dari kemunculan iPhone 4, iPad, Samsung Galaxy Series, hingga produk 3 dimensi muncul silih berganti. Menjelang pergantian tahun 2010 ke 2011, berikut beberapa prediksi teknologi mobile yang akan menjadi pusat perhatian di tahun 2011, berdasarkan berbagai informasi dan rumor yang telah beredar selama ini.

1. Tablet akan semakin populer dan mudah dibawa kemana saja
Tahun 2010 bisa jadi telah menjadi tahun tablet, namun baru untuk iPad. Di tahun 2011 pilihan akan makin beragam dan kompetisi ini akan semakin sengit. Apalagi jika iPad 2 muncul, ditambah Blackberry Playbook, tablet Motorola, tablet webOS dari HP dan tablet berbasis Android.

2. Berbagi video mulai menggeser berbagi foto
Dengan kemampuan perangkat mobile yang semakin baik diiringi peningkatan kemampuan koneksi internet mobile menuju 4G, pemakai perangkat mobile akan mulai membanjiri internet dan jejaring sosial dengan berbagai video kreasinya memakai berbagai aplikasi seperti Instagram dan PicPlz.

3. Aplikasi berbasis HTML5 semakin marak
Banyak pengembang mulai memakai HTML5 sebagai dasar pengembangan program berbasis web, termasuk di aplikasi mobile. Karena aplikasi HTML5 bisa dengan mudah diatur untuk berbagai platform mobile maka aplikasi di bidang ini akan menarik untuk dijajaki. Jika dibandingkan antara aplikasi iPad dan ChromeOS, akan terlihat bahwa implementasi HTML5 akan diterima oleh kedua perangkat sementara aplikasi iPad tidak akan jalan di ChromeOS. Dengan demikian aplikasi HTML5 akan lebih fleksibel dan diperkirakan akan semakin berkembang di tahun 2011.

4. Flash tidak akan berkembang di perangkat mobile
Meski telah dihujani kritikan oleh Apple, Adobe tetap berusaha menjadikan Flash sebagai salah satu komponen yang dibutuhkan untuk perangkat mobile. Perangkat berbasis Android dan Blackberry memang sudah mengadopsi Flash namun pada prakteknya Flash mobile belum memenuhi harapan pemakai mobile karena perlu optimasi dan tidak bisa langsung dijalankan seperti pada komputer bisa. Jika Adobe tidak berbenah, bukan tidak mungkin HTML5 akan menggeser Flash sebagai platform untuk interaksi web baik untuk perangkat bergerak maupun di komputer

5. iPhone CDMA akan hadir
Rumor ini sudah berkembang di tahun 2010 dan sepertinya akan terealisasi di tahun 2011 nanti.

Ada prediksi lain?


One response to “PERANGKAT MOBILE 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: