MENGENAL QR CODE

 

Pernahkah Anda menjumpai semacam gambar kode segi empat, yang berisi kotak-kotak warna hitam yang tersusun acak. Biasanya lambang ini ada dalam suatu artikel Koran.

Ya, gambar kotak itu biasa disebut QR Code. Jika Anda biasa melihat barcode di produk-produk makanan atau consumers good, maka QR code merupakan pengembangan  2 dimensi dari barcode konvensional tersebut.

Apa itu QR Code?

QR code merupakan singkatan dari Quick Response Code. Pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Jepang Denso-Waves di tahun 1994. Saat ini Anda sudah dapat melihat kode QR di berbagai media, spanduk, website, kaos, dan perangkat lain.

Kode QR dapat menyimpan link url, koordinat geografis, teks dan angka. Dibanding barcode biasa, QR memiliki ruang penyimpanan data yang besar. Untuk kode angka dan huruf, mereka mampu mneyimpan hingga 4,296 karakter. Bandingkan dengan barcode konvensional yang hanya mampu menyimpan 20 digit.

Bagaimana Mengakses QR code dari ponsel?

Untuk membaca kode QR, Anda membutuhkan QR reader. Aplikasi ini bisa didownload langung ke ponsel dengan mengetikkan alamat http://reader.kaywa.com di browser ponsel dan kemudian mengikuti petunjuk di dalamnya.

 

 

Anda juga dapat mendownload aplikasi QR reader melalui komputer di alamat  http://reader.kaywa.com/getit. Sebelumnya, Anda akan diminta untuk melakukan registrasi.

QR Code

Sekarang, coba jalankan aplikasi QR reader di ponsel Anda. Arahkan kamera ke kode QR yang ada di cover depan atau di bawah ini.

 

Jika sukses, maka ponsel Anda akan meluncur ke alamat http://www.tabloidpulsa.co.id dan membuka halaman web ofisial tabloid PULSA tersebut.

 

Kode QR memiliki kapasitas tinggi dalam data pengkodean, yaitu mampu menyimpan semua jenis data, seperti data numerik, data alphabetis, kanji,kana,hiragana,simbol,dan kode biner. Secara spesifik, kode QR mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter. Selain itu kode QR memiliki tampilan yang lebih kecil daripada kode batang. Hal ini dikarenakan kode QR mampu menampung data secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis ukuran dari tampilannya gambar kode QR bisa hanya seperspuluh dari ukuran sebuah kode batang. Tidak hanya itu kode QR juga tahan terhadap kerusakan, sebab kode QR mampu memperbaiki kesalahan sampai dengan 30%. Oleh karena itu, walaupun sebagian simbol kode QR kotor ataupun rusak, data tetap dapat disimpan dan dibaca. Tiga tanda berbentuk persegi di tiga sudut memiliki fungsi agar simbol dapat dibaca dengan hasil yang sama dari sudut manapun sepanjang 360 derajat.

Kepentingan umum

Taggingprozess.jpg

Kode QR dapat dimanfaatkan sebagai keamanan makanan dengan cara menambahkan kode QR yang berisikan data-data mengenai kandungan nutrisi dan masa kadaluarsa pada tiap label makanan sehingga pelanggan dapat merasa lebih aman dalam memilih makanan yang dibeli sebab mereka dapat mengetahui informasi-informasi tentang makanan tersebut. Di Jepang, hal ini telah diterapkan oleh McDonald. Terdapat 19 jenis ” sandwich ” yang diberi kode QR yang mengandung informasi alergi, jumlah kalori dan nutrisi yang terkandung dalam sandwich tersebut. Selain itu kode QR juga dapat diberikan di halte bus, sehingga penumpang dapat mengetahui keberadaan bus yang sedang ditunggu. Cara kerjanya adalah dengan memberikan hipertaut ke kamera CCTV di setiap jalan melalui koneksi internet pada ponsel. Lebih lanjut lagi, kode QR dapat dipasang pada kartu pelajar, sehingga akan mempermudah proses absensi siswa, dan mempermudah akses bagi para siswa,guru, dan orang tua murid kepada informasi proses belajar mengajar.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: