CEO LG, RESIGN

Yong Nam, CEO LG Electronics, mengundurkan diri hari ini di tengah tekanan bisnis smartphone yang kian keras.

Setelah Nokia, kini LG harus ‘kehilangan’ komandan tertingginya.

Kabarnya pengunduran diri lelaki yang sudah 3 tahun 9 bulan menjalani peran sebagai CEO ini karena merasa bertanggung jawab atas melempemnya kinerja handset LG di pasaran. Sekitar tahun 2005 hingga 2008, vendor asal Korea ini sukses menembus peringkat tiga besar dalam hal penjualan ponsel global. Namun tahun ini, pangsa pasarnya melorot jadi 10% pada kuartal kedua.

Pengangkatan kembali Yong Nam sebagai CEO awal tahun ini sebenarnya menjadi prestasi tersendiri bagi pria berusia 62 tahun ini bila dibandingkan para CEO sebelumnya. Biasanya jabatan CEO LG Electronics hanya berumur 3 tahun. Yong Nam boleh dibilang seorang reformis karena mengubah haluan perusahaan yang semula fokus pada revenue potential dan beralih ke ROIC (return on invested capital). Yong Nam pula yang menetapkan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi di LG Electronics, termasuk di kantor pusatnya di Korea Selatan.

Nam, Yong

Menurut rilis yang beredar, Yong Nam akan digantikan oleh Koo Bon-joon dari keluarga pemilik konglomerasi LG. Koo (59) sebelumnya menduduki posisi chief executive LG International Co. dan pernah juga menjadi salah satu eksekutif di LG Display Co.  (http://www.infokomputer.com)


2 responses to “CEO LG, RESIGN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: