ERASER ; HAPUS FILE SELAMANYA

Banyak dari kita yang punya data sensitif yang tidak akan kita bagi dengan orang lain – pasword, informasi pribadi, dokumen rahasia pekerjaan kita, catatan keuangan, puisi buatan sendiri, surat cinta yang ngga jadi dikirim, diary, foto atau video pribadi dan sebagainya.

Mungkin kita akan menyimpan data itu di komputer yang hanya kita yang bisa akses dalam waktu tertentu, tapi bagaimana ketika data itu akan kita hapus / delete. Akan sedikit rumit dan mengelola privasi sebenarnya tidak sesederhana yang kita pikirkan.

Saat kita men ‘delete’ file atau data dari komputer, kita berfikir data itu hilang. Padahal belum tentu. Ketika kita men-delete sebuah file, Sistem Operasi sebenarnya tidak menghapus data dari hard disk, OS hanya menghapus referensi file itu dari tabel sistem. Jadi, file tidak bisa dipanggil untuk dibaca lagi, seolah-oleh hilang, padahal masih ada.

File itu masih ada di hard disk sampai file baru dibuat dan menimpa lokasi file lama. Dan bahkan setelah di hapus dari Recycle Bin, masih mungkin untuk melakukan recovery data dengan mempelajari field magnetik yang ada di permukaan hard disk.

Sebelum file di overwrite, siapapun bisa dengan mudah melakukan undelete atau merecovery file, sehingga file pribadi yang sudah kita hapus dapat dibaca orang lain.

Ada beberapa masalah dalam menghapus file secara aman, umumnya dikarenakan oleh penggunaan write cache, konstruksi hard disk dan penggunaan data encoding. Hal-hal tersebut memang teknis, dan harus menjadi dasar dari pembuatan sebuah program penghapus yang secure.

ERASER adalah sebuah security tool untuk Windows yang bisa dipakai buat menghapus data / file penting dari hard disk dengan cara melakukan beberapa kali overwrite terhadap file yang kita hapus dengan pola overwrite yang hati-hati. ERASER adalah program gratis yang powerful untuk menghapus data dari hard disk SELAMANYA. Harap hati-hati menggunakan ERASER, karena data yang dihapus tidak bisa di recovery.

Logo Eraser

Logo Eraser

Fitur ERASER :

  1. Bekerja pada Windows XP (with Service Pack 3), Windows Server 2003 (with Service Pack 2), Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 and Windows Server 2008 R2
  2. Bekerja pada semua hard drive yang bisa menjalankan Windows
  3. Secure drive erasers methods are supported out of the box
  4. Erases files, folders and their previously deleted counterparts
  5. Works with an extremely customisable Scheduler

eraser portable

eraser portable

ERASER versi terbaru bisa di download disini
ERASER versi portable terbaru bisa di download disini
Situs Resmi Eraser disini


3 responses to “ERASER ; HAPUS FILE SELAMANYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: