TREND HANDPHONE TAHUN 2012

Media riset Gartner baru-baru ini merilis 10 aplikasi / teknologi handphone yang akan menjadi trend di masa depan. Ngga depan-depan banget sih, tapi trend di tahun 2012. Memang tidak semuanya baru, bahkan saat ini sudah ada yang mulai digunakan meskipun belum terlalu populer. Tidak mengherankan jika teknologi-teknologi ini akan matang dan jadi trend di tahun 2012 nanti.
Sebagai contoh, location-based services (LBS) – belum ada sebuah aplikasi yang benar-benar bisa dipakai semua orang untuk mencari lokasi teman mereka, saat ini bahkan LBS (GPS misalnya) bisa dikatakan masih mahal.
Contoh lainnya adalah Money Payments – layanan ini masih terkendala dengan susahnya mengakses akun di bank secara mudah tapi aman. Kapan terakhir kali kita membayar seseorang atau check out dari hotel menggunakan handphone? Ngga pernah? bener kan.

Berikut ini adalah rilis riset Gartner untuk 10 aplikasi / teknologi handphone yang akan menjadi trend di masa depan.:

1. Money Transfer. Kita bisa mentransfer uang antar akun antar bank hanya dengan kirim SMS.
2. Location-Based Services. Tanda-tanda untuk teknologi ini akan booming adalah diakuisisinya koprol oleh Yahoo dan foursquare yang makin populer.
3. Mobile Search. Pastinya bukan teknologi baru, tapi mobile platform yang lebih maju akan membuat mobile search akan lebih bertenaga.
4. Mobile browsing. Kalo bilang Mobile browsing akan jadi trend masa depan itu mah sudah pasti. Tapi seperti yang jadi catatan Gartner, hanya 60% dari handphone yang ada saat ini yang dapat dikategorikan layak digunakan untuk berinternetan ria. Nah, di tahun 2012 angka itu akan menjadi 80%. Ini berita bagus buat para web developer yang dapat membuat aplikasi-aplikasi untuk berbagai mobile platform seperti iPhone, Android, RIM, dan sebagainya.
5. Mobile Health Monitoring. Teknologi lain yang akan menjadi sangat populer di masa depan. Saat ini, kata Gartner, Mobile Health Monitoring masih dalam tahap pengembangan dan akan “dewasa” dalam beberapa tahun ke depan. Mobile Health Monitoring menawarkan produk dan layanan serta solusi ke berbagai organisasi dan lembaga kesehatan.
6. Mobile Payments: Seperti halnya mobile transfers, mobile payments akan lebih banyak digunakan di pasar masa depan. Namun keduanya masih memerlukan inovasi dan pengembangan bahkan di tahun 2012.
7. Near Field Communications (NFC): Komunikasi antara 2 device yang berdekatan – akan berkembang pesat dan bisa diaplikasikan pada Mobile ticketing pada transportasi public, smart poster dan sinkronisasi Bluetooth antar device hanya dengan “ditempelkan”.

Near Field Communications (NFC): Komunikasi antara 2 device yang berdekatan
Near Field Communications (NFC): Komunikasi antara 2 device yang berdekatan

8. Mobile Advertising. Juga bukan hal yang baru, tapi akan berkembang lebih pesat lagi. Mobile Advertising merupakan cara yang populer untuk mengkomersilkan mobile content. Menurut Gartner, total pengeluaran untuk Mobile Advertising tahun 2008 sebesar USD 530.2 Juta dan akan menjadi USD 7,5 Milyar ditahun 2012
9. Mobile Instant Messaging. Meskipun SMS akan tetap menjadi layanan yang tidak mudah untuk dikalahkan, tapi Mobile Instant Messaging akan tumbuh pesat dikalangan pengguna handphone kedepannya.
10. Mobile Music. Contohnya adalah booming nya Iphone, tapi kedepannya aplikasi dan teknologi mobile music akan menjadi makin pesat dan tumbuh subur.

Rilis resmi riset Gartner bisa dibaca disini.


2 responses to “TREND HANDPHONE TAHUN 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: