JABULANI…JABULANI…JABULANI

Terpikir untuk membahas tentang Jabulani, tapi pastinya sudah banyak review untuk bola resmi  “2010 FIFA World Cup South Africa™ “ itu. Cukup tahu saja kalau nama “JABULANI”, yang berarti “merayakan” atau “to celebrate” dalam bahasa isiZulu, di rancang dan dibuat dengan teknologi baru yang radikal dan banyak terinspirasi dari masyarakat Afrika Selatan.

jabulani

jabulani

Karakter Jabulani yaitu “Grip’n’Groove” memberi para pemain terbaik dunia sebuah bola yang sangat stabil saat diudara dan memiliki grip yang sempurna di semua kondisi. Dirangkai hanya dari delapan 3D panel yang kemudian dieratkan secara thermal, FIFA menyatakan bahwa Jabulani benar-benar sangat bulat dengan tingkat akurasi melebihi semua bola yang pernah dibuat.

Nama ”JABULANI” sendiri berasal dari bahasa isiZulu, satu dari 11 bahasa resmi Republic of South Africa, yang digunakan oleh hampir 25% total populasi. Secara literal diterjemahkan sebagai “to celebrate”. Sepak bola merupakan gairah dan semangat yang menyatukan dunia. Nama bola resmi yang baru ini menunjukan perayaan yang penuh gairah dan semangat oleh para pecinta bola dari seluruh dunia saat menyaksikan Piala Dunia 2010 di South Africa.

Sebelas warna berbeda digunakan dalam “JABULANI”-nya adidas, bola ke-11 yang dirancang adidas untuk bola World Cup. 11 warna ini merepresentasikan 11 pemain dalam sebuah tim sepak bola, 11 bahasa resmi di South Africa dan 11 suku bangsa di South African yang membuat mereka menjadi negara paling multi-etnis se-benua Afrika. Rancangan penuh warna membawa semangat keberagaman dan sekaligus kebersamaan dalam kehidupan rakyatnya.  Seperti halnya rancangan facade luar dari Johannesburg’s Soccer City Stadium, elemen-elemen dari Afrika Selatan disatukan dan di-capture dengan penuh warna ala Afrika Selatan.

Terlepas dari komentar-komentar kesebelasan dan para supporter dari tim yang mengalami kekalahan di Piala Dunia ini mengenai buruknya kualitas JABULANI, bola resmi ini akan menjadi tontonan seru pencinta sepak bola. So, selamat menonton……………


2 responses to “JABULANI…JABULANI…JABULANI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: