GREEN COMPUTING : LG NETWORK MONITOR

Mendukung teknologi cloud computing yang dewasa ini mulai marak, LG Electronics Indonesia menambah jajaran monitor PC seri N terbarunya, yakni LG Network Monitor seri N1642W untuk monitor berukuran 15,6 inci, N1742L untuk yang berukuran 17 inci, dan N1941W untuk 18,5 inci.

“Dengan LG Network Monitor, user cukup menggunakan 1 perangkat CPU. Mereka dapat mengoperasikan hingga lima monitor untuk seri N dan 30 monitor untuk seri Nplus secara bersamaan,” kata Albert Susilo, Head of IT Marketing LGEIN, di sela bincang-bincang bersama wartawan beberapa waktu lalu. “Tapi, sementara ini, kami (LG) baru memiliki monitor seri N. Nplus dari LG baru akan dirilis Oktober mendatang.”

Lebih lanjut, Albert menjelaskan, solusi yang ditawarkan LG Network Monitor cukup beragam, utamanya adalah efisiensi. “Secara umum, ada tiga keuntungan user dengan produk baru ini. Pertama, mereka dapat mengurangi biaya upgrade hingga 60 persen per tahun. Dengan pengurangan tersebut, otomatis sistem pemakaian dan biaya perawatan akan bisa dihemat hingga 70 persen lebih,” paparnya.

Dia mencontohkan, jika sebuah UKM memiliki lima PC, dengan masing-masing memakan daya hingga 110 watt, maka pada saat dinyalakan secara bersamaan, listrik yang terpakai mencapai 550 watt. “Dengan monitor LG berjumlah sama, yang tiap monitor memakan daya satu watt (saat standby) ditambah satu CPU, user bisa menghemat sampai 100 watt lebih,” ucap Albert.

Menilik performanya, tingkat kecerahan dari layar monitor network besutan LG ini tidak kacangan. Untuk model N1642W, layarnya bisa memberi kecerahan hingga 230cd/m2, sementara N1742L dan N1941W bisa mencapai 300cd/m2. Bahkan, kedalaman warna untuk semua seri adalah 16,7 juta.

Sementara itu, Henky Tjokroadhiguno, Managing Director Megatronix (distributor tunggal LG Network Monitor) mengatakan, jajaran monitor baru dari LG ini sekadar melengkapi koleksi distribusinya. Karena, dia mengaku, tak hanya mendistribusikan produk LG tetapi juga vendor monitor dari kompetitor.

“Tetapi, ada unique point yang dimiliki LG Network Monitor. Monitor ini hanya terdiri dari monitor flat, tanpa memori atau prosesor, yang membenamkan perangkat terhubung langsung ke CPU. Sehingga, dijamin monitor tidak cepat panas akibat proses yang berlebihan,” terang Henky.

Berbicara target, Henky berani mematok target penjualan hingga lebih dari 5.000 unit, sementara kartu penghubung CPU ke PC sebanyak 1.000 unit. Untuk harganya, dia mengaku relatif. “Kalau dirata-ratakan, kasarnya per user dikenakan biaya US$ 195 (setara Rp 2 juta) untuk monitor 16 inci yang termasuk pembelian CPU dan built-in card. Bila dibeli secara terpisah, dengan besar yang sama, sekitar US$ 225 (setara Rp 2,3 juta) per unit,” ucap Henky.

Sekadar diketahui, untuk mengoperasikan kelima monitor ‘cloud’ tersebut, spesifikasi minimum CPU yang musti dipenuhi, setidak-tidaknya dimotori oleh prosesor sekelas Pentium-4 3 GHz dan memori 1 GB.

CARA KERJA

LG Network Monitor bekerja dengan menggunakan software yang memungkinkan beberapa user berbagi single host PC secara virtual. Sesaat setelah software ini di-install di PC, beberapa user dapat berbagi single PC, setiap user dapat menjalankan aplikasi apapun yang mereka inginkan dengan hanya mengunakan LG Network Monitor, keyboard, dan mouse sama seperti ketika mereka menggunakan PC pada umumnya.

Saat ini, PC terbaru memiliki processor dual-core 2GHz dan RAM yang tinggi. Sangatlah percuma ketika user meng-gunakan komputer tersebut hanya untuk pekerjaan mudah seperti mengetik, surfing internet, menerima dan men-girim email. Bagaimanapun, LG Network Monitor memungkinkan beberapa user menggunakan kemampuan komputer tersebut dengan single PC. Para user dapat menikmati PC dengan kemampuan yang tinggi, dan PC akan menampilan desktop terpisah kepada tiap user seperti data, dan aplikasi lainya serta menangani keyboard dan mouse yang terpisah di tiap user pada waktu yang bersamaan. Sementara itu, LG Network Monitor melalui UXP (User Extension Protocol) akan mengunakan sofware virtual sehingga tiap monitor dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi secara independen

untuk pertanyaan seputar konsultasi harga, produk dan pemesanan bisa hubungi LG COMMERCIAL CENTER, di nomor 0-800-100-5454 (bebas pulsa)


5 responses to “GREEN COMPUTING : LG NETWORK MONITOR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: