KEAJAIBAN USB flashdisk

Menggunakan flash disk, atau usb flash disk adalah sudah menjadi barang yang biasa bagi kita semua. Kita semua juga sudah mengetahui manfaat akan usb flash disk yang kita miliki, yaitu untuk “menyimpan data” namun hanya sebatas itu sajakah kemampuanya ? Kali ini teknoinfo akan menjabarkan beberapa hal yang mungkin menarik untuk diterapkan dari memiliki sebuah flash disk.

Lalu, apa saja yang bisa kita manfaatkan dari sebuah flashdisk ?

Menjalankan Aplikasi Portable

Bagi yang sering ke warnet, dan menginginkan browser sendiri, aman dari program yang sudah di hack, ingin menjalankan program nya secara langsung. Maka menyimpan software software portable akan menjadi salah satu hal yang sering digunakan oleh kita.

Bagaimana cara mendapatkan aplikasi portable ? salah satunya adalah mengunjungi website PortableApps.com mereka menyediakan berbagai jenis varian aplikasi yang sudah portable dan dapat digunakan langsung dari flashdisk dengan cepat, menjalankan firefox dan lainya bukan hal yang sulit saat ini, terutama jika kita menginginkan menyimpan cookies browser.

PendriveApps juga menyediakan berbagai macam jenis aplikasi portable, kalau kurang puas juga, mungkin portableapps blogspot akan menjadi idola anda ? dan masih banyak lagi jika kita mencari melalui google.

USB Sebagai alat untuk Instalasi OS

Menginstall OS dengan DVD mungkin sekarang tidak zaman nya lagi, ingin cepat proses instalasi ? lakukan dengan usb flashdisk, dijamin instalasi akan sangat cepat daripada menggunakan media dvd konvensional. Untuk melakukan hal ini kita perlu mengkonversi file image ataupun dvd kedalam usb kita.

Jika OS kita linux, maka kita dapat menggunakan software Universal USB Installer dan Unetbootin untuk membuat berbagai varian linux untuk menjadi bootable dengan usb anda. Jika OS anda varian XP/2000 dan Vista anda dapat menggunakan wintoflash untuk membuat dvd installer anda dapat di boot melalui usb. Jika ingin menginstall windows 7 maka cara termudahnya adalah dengan mengikuti langkah singkat yang diberikan oleh intowindows tutorial. Solusi lengkap lainya jika kita ingin membuat usb instalasi windows 7 dengan menggunakan Windows XP maka kita dapat mengikuti tutorial berikut ini.

Bagaimana jika membuat instalasi dvd osx melalui USB ?

Tutorial ini tidak akan lengkap jika tidak ada OSX, caranya sangatlah mudah, pertama kita memerlukan flashdisk 8GB (mengingat OSX memiliki size DVD yang sangat besar) yang kedua, sayangnya hanya ada 2 cara yang cukup ribet untuk melakukan hal ini

  1. Kita memerlukan OSX itu sendiri, dengan kata lain mesti meminjam Apple OSX yang sudah dimiliki teman dan menggunakan OSX nya untuk membuat usb boot OSX. Jalankan aplikasi disk utility, masukan dvd instalasi OSX, dan restore DVD tersebut kedalam media flash disk. Setelah di restore, jika ingin menjalankan bootable tersebut ke PC biasa, maka kita perlu menambahkan boot loader baru dengan menggunakan OSx86 Tools yang dapat di download melalui Google Code.
  2. Instal Mac Distro seperti SnowOSX, Kalyway, iPC, iDeneb, dll. Atau jalankan melalui VMWare. Lakukan hal yang sama pada langkah 1.

Sebagai tools untuk mereset password

Jika menggunakan Windows dengan dipersenjatai password saat login, pastinya akan berkemungkinan anda lupa password tersebut. Untuk itu kita dapat menyiapkan password reset disk untuk menyelesaikan masalah ini dan mengembalikan password user account anda yang ada pada Windows. Anda dapat menggunakan tools khusus ntpasswd untuk mereset password windows anda menjadi yang baru. Unetbootin juga memiliki fitur ini sehingga anda dapat dengan langsung mengekstraknya kedalam usb anda.

Jika reset bukanlah solusi yang anda inginkan, dimana anda menginginkan agar anda dapat mengetahui password anda ? maka anda dapat mengikuti guide yang diberikan oleh techarena.

Sebagai tempat transfer data

Bagi kita yang suka mengkopi dan mentransferkanya ke harddisk lokal kita, melakukan hal ini berulang ulang mungkin akan menyebalkan. Namun dengan menggunakan Microsoft USB flash drive manager, maka dengan mudah kita dapat mengsinkronisasikan file file yang ada di usb dan lokal harddisk dengan mudah. Proses interfacenya sangatlah intuitif dan mudah untuk dikonfigurasi, sehingga menggunakanya juga akan lebih nyaman.

Tools serupa juga tersedia dari internet dan bersifat portable, tampilanya lebih sederhana, dan proses nya lebih cepat, tools ini disebut dengan fast copy. Dapat beroprasi pada mode 32 ataupun 64 bit.

Sebagai penyimpan file musik

Ada kalanya kita menggunakan usb sebagai media penyimpanan khusus untuk mp3, yang membuatnya akan selalu portable dan dapat dibawa kemana mana. Maraknya usb flash disk ini membuat banyak vendor music player seperti tape mobil, radio, telah mendukung input dari usb flash disk, membuat anda semakin mudah mengelola file file musik anda.

Sebagai tempat file rahasia

Terkadang saat ini kita sudah tidak menyimpan file file penting yang bersifat rahasia lagi di komputer kita, namun kita sudah mulai membawa nya kedalam usb flash disk. Namun jika anda melakukan hal demikian, menyimpan data anda kedalam usb saja tidaklah cukup. Bagaimana ketika usb anda hilang ? maka orang lain dapat mengkopi data anda. Untuk itu kita memerlukan security tools yang disebut dengan Rohos Mini Drive yang dapat di download melalui Cnet.

Tools serupa dapat anda temukan dengan menggunakan truecrypt yang lebih opensource.

Menjadikan USB sebagai mobile web server ?

Jika anda marketing, ingin mendemokan aplikasi web anda dan client anda tidak memiliki akses internet yang memdai ? lantas apa yang anda perlukan ? apakah menginstall web server di laptop persentasi anda ? oh tentu tidak, ini pastinya akan menyulitkan. Solusi mudahnya yaitu meletakan webserver kedalam usb flashdisk. Jadi anda dapat membawa langsung aplikasi web yang sedang dikembangkan untuk dijalankan langsung dari flashdisk on the fly.

Cara seperti ini dapat ditempuh dengan menggunakan server2go. Dengan server2go, maka kita dapat menjalankan wamp stack secara portable, dan gratis. Dengan kata lain, php, mysql, sqlite, perl dan kawan kawan nya dapat anda bawa kemana saja anda berada bersama flash disk kesayangan anda. Bagi para marketing IT yang menjual program web, melakukan offline demo sudah barang tentu bukan hal yang sulit.

Flash disk untuk mengunci pc anda ?

Jika anda memang takut pc anda diakses oleh sembarang orang saat anda meninggalkan meja anda, maka menggunakan usb flash disk sebagai media untuk mengunci PC anda mungkin akan menjadi solusi yang mengamankan anda. Dengan demikian, admin IT pun tidak akan dapat membuka PC anda.

Jika anda memerlukan usb anda sebagai kunci untuk membuka dan mengunci komputer anda, maka predator adalah jawabanya. Freeware canggih ini akan membantu anda mengamankan komputer anda. Dengan menjadikan usb anda sebagai kunci untuk membuka dan menutup komputer anda.

USB sebagai tools untuk mencuri data ?

USB flashdisk juga dapat dimanfaatkan sebagai tools untuk mencuri data. Dengan memasang usb pada komputer si target, maka program program di usb akan secara otomatis mengkopi semua data data penting anda, password anda. History browser anda. Browser cache anda dalam hitungan menit. Bagaimana ini dapat terjadi ?

Hal ini dapat dengan mudah diracik, dengan mendesain sebuah batch file, dan membuat usb autorun inf untuk mengambil/mencuri data pada komputer yang kita pasangi usb dengan tools racikan tersebut, hal yang instant juga dapat dilakukan dengan thumb suck irongeek.

USB Sebagai OS Live CD

USB stick anda juga dapat dijadikan bootable OS dimana anda dapat menjalan OS langsung dari USB tersebut dengan limitasi driver yang standard. Dengan demikian, kita dapat melakukan perbaikan pada komputer jika terkena virus, ataupun jika OS anda corrupt dan perlu di reinstall ulang sementara anda perlu menyelamatkan data – data anda.

Untuk mendapatkan tools semacam ini anda dapat menggunakan UBCD, yang merupakan tools recovery untuk Windows anda. Jika anda ingin mengkostumasi sendiri tools anda, maka anda dapat memulainya dari reatogo, bartpe dan Winbuilder untuk Win7. Untuk Linux ada tersedia banyak live cd, yang menjadi favorit tekno adalah backtrack linux. Jika menginginkan berbagai jenis varian live cd maka kita bisa lihat di livecdlist.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: