MENCARI DENGAN google

Pencarian di google adalah sangat sederhana, anda cukup memasukan kata yang ingin anda cari ke dalam textbox search google dan enter, google akan mencari page yang sesuai dengan yang anda cari.

Seperti apa pencarian yang baik atau dengan kata lain bagaimana cara google menerjemahkan bahasa manusia kedalam query pencarian?

Kenyataan dalam pencarian google :

  • Semua kata yang anda masukan kedalam textbox search google akan digunakan untuk pencarian.
  • Pecarian google adalah case insensitive (tidak membedakan huruf kapital atau tidak) jadi anda tidak perlu menuliskan “Barack Obama” untuk pencarian “barack obama” karena dua frasa tersebut dianggap sama.
  • Umumnya tanda baca seperti: @#$%^&*()=[]\ diabaikan oleh google.

Tips untuk pencarian yang lebih baik :

  • Sederhanakan keyword, Misalnya anda ingin mencari kantor google di jakarta. anda cukup menggunakan keyword “google jakarta” tidak perlu anda menuliskan “dimanakah letak kantor google di jakarta?”
  • Pikirkan bagaimana halaman yang anda ini cari ditulis didalam sebuah konten. Search Engine bukanlah manusia, Search engine mencocokan apa yang anda cari dengan konten dari halaman yang ada, Maka gunakanlah bahasa yang sering digunakan. misalnya : “mesin elektrik pembuat kopi” diganti dengan “coffee maker”.
  • Jelaskan apa yang anda cari dengan syarat sedikit mungkin, misalnya : “laporan cuaca di jakarta hari ini” gantilah dengan “cuaca jakarta”.
  • Pilihan kata penjelasan. Semakin unik kata penjelasan yang anda masukan, Makin relevan hasil yang akan anda dapatkan. contoh untuk kata restoran, masukan kata pejelasan sesuai yang anda maksud seperti restoran sunda, restoran eropa, restoran vegetarian, dan sebagainya.

Pada umumnya pencarian dasar ini sudah cukup untuk menemukan page yang anda cari, namun kadang anda memerlukan sesuatu yang lebih powerful.

Prioritas

Google mengenali prioritas pencarian, dengan menggunakan tanda “” misalanya anda ingin mencari dengan keyword : biografi “barack obama” maka pencarian anda akan diprioritaskan pada “barack obama”, namun hati-hati ketika menggunakan prioritas karena anda akan mengabaikan hasil dari konten lain yang mungkin relevan dengan keyword anda, Namun tidak sesuai dengan kata penegas/prioritas, dalam kasus ini misalnya “barack husain obama”.

Pengkondisian terhadap kata yang tidak diginkan

Tanda minus (-) yang disisipkan di depan dari kata pencarian akan mengexclude hasil dari pencarian yang mengandung kata tersebut misalnya, “search engine -google” query ini berarti anda mencari search engine selain google.

Selanjutnya kita bahas bagaimana membuat query dengan hasil yang lebih spesifik, Jika di edisi 1 kita membahas tentang : phrasa, perioritas, dan pengecualian kata; kali ini kita akan membahas tentang asterik, ketepatan kata, operator, punctuation, dan lain-lain.

Asterik (*)
Misalkan kita ingin mencari konten yang relatif tentang informasi indocomtech jakarta, jika kita menggunakan query ini : [indocomtech * jakarta] maka, anda akan mendapatkan result tentang indocomtech 2009 jakarta, indocomtech 2010 jakarta, indocomtech terbesar yang diselenggarakan di jakarta, dan sejenisnya.

Minus (-)
Bandingkan antara pengunaan query berikut ini, [sepeda fixie keren] dan [sepeda fixie keren -gaya], Jika query pertama menyajikan lis konten salah satunya video gaya keren sepeda fixie maka dengan query kedua lis tersebut tidak tersaji.

Operarator OR, AND
Kusus untuk menggunakan operator google menerapkan case sensitive, jadi akan menghasilkan informasi yang berbeda anatara kata kunci [uerope OR america] dan [uerope or america] begitu juga dengan AND.

OR, digunakan untuk mencari kata yang relatif dengan kata kunci yang dibandingkan dikeduanya anda bisa mencoba dengan kata kunci [study in europe OR america] coba bandingankan dengan kata kunci [study in europe america]. AND, digunakan untuk mencari kata yang berkelanjutan dengan kata yang menerangkan di belakangnya.

Tanda Baca / Punctuation
Tidak semua tanda baca diabaikan, misalkan: [C++], [C#] yang mana kedua contoh tadi adalah nama dari bahasa pemrograman. Begitu juga dengan $ untuk menghasilkan pencarian lebih baik anda perlu mencantumkan $ untuk pencarian yang mencantumkan harga. sebagai contoh adalah [notebook $500] lebih baik dari [notebook 500 dolar]. Tanda _ tidak diabaikan asal sesuai dalam penggunaanya misalkan : [quick_short] atau fungsi-fungsi pemrograman yang banyak menggunakan tanda ini sebagai contoh : [str_replace]

Kata yang biasa digunakan seperti a, an, the, for, who diabaikan oleh pencarian google, namun tetap ada pengecualian, misalkan anda mencari dengan kata kunci [the who] sebuah group band, atau [WHO] organisasi kesehatan PBB, atau [who is] yang merupakan website informasi domain.

Anda bisa menerapkan kombinasi pecarian tersebut untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih relevan dengan informasi yang ingin ada dapatkan.

Selanjutnya kita akan membahas tentang Advance Operator atau Query yang mempunyai makna khusus bagi google lebih dari sekedar basic operator OR, AND, punctuatio, dan sejenisnya.

Link
Suatu saat anda ingin mengetahui dimana saja website anda di mention, atau website mana saja yang mengandung alamat domain anda, maka query ini bisa anda gunakan [link:www.chip.co.id], query ini akan menampilkan semua website yang memuat http://www.chip.co.id.

Cache
Pencarian dengan menggunakan operator cache akan membantu anda untuk mendapatkan informasi berdasarkan cache yang pernah dilakukan oleh google terhadap website yang anda maksud ditambah dengan highlight terhadap kata kunci yang anda masukan, serta versi text only yang bisa membantu jika anda bermasalah dengan kecepatan internet. contohnya sebagai berikut : [cache:www.chip.co.id video] query ini akan menampilkan cache google terhadap domain http://www.chip.co.id dengan highlight kata video.

Site
Site adalah operator yang sangat penting bagi semua orang, dengan operator ini anda bisa menjelajahi sebuah alamat domain website dengan keyword yang anda maksud. Caranya sangat mudah, masukan operator site kedalam query anda seperti berikut ini [motherboard site:chip.co.id], query ini jika diterjemahkan kedalam bahasa kita adalah cari halaman yang mengandung kata motherboard di website chip.co.id

Filetype
Bagi anda yang hobi mendownload komik, novel dalam format pdf, zip dan lain-lain, Mungkin operator berikut ini sangat membantu, Caranya adalah sebagai berikut : misalnya saya ingin mencari novel Sherlock Holmes dalam format pdf maka saya dapat menggunakan query ini [sherlock holmes filetype:pdf].

Define
Gunakan define untuk mencari sebuah definisi, contohnya adalah sebagai berikut [define:motherboard] query ini berarti anda mencari definisi dari kata motherboard, biasanya link pertama yang muncul adalah versi wikipedia yang memang menjadi acuan standar.

Allintitle
Jika anda ingin berkonsentarsi melakukan pencarian berdasakan judul, anda bisa menggunakan operator ini. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut [allintitle: teknik pencarian di google], maka hanya halaman yang mempunyai judul yang relevan dengan kata kunci tersebut yang akan ditampilkan oleh google.

Intitle
Sedikit berbeda dengan Allintitle, Intitle akan mencari kata kunci belakang di dalam konten halaman, misalkan anda menggunakan query ini [intitle:google search] maka pencarian akan menyajikan informasi tentang halaman yang judulnya mengandung kata google dan konten yang berisi search baik di judul maupun di konten.

Allinurl
Kenyataan ini menjelaskan pentingnya anda mempunyai clean url dalam website anda, keuntungannya adalah halaman anda memungkinkan dicari berdasarkan alamat url anda. Contoh berikut ini menjelaskan hal tersebut [allinurl:teknik pencarian di google], dengan query tersebut google akan mencari halaman website yang mempunyai url mirip dengan kata kunci.

Inurl
Mirip dengan cara kerja Intitle, namun Inurl melakukan pencarian berdasarkan url dan relevansi konten berdasarkan kata kunci, sebagai contoh query berikut ini [inurl:google search], maka google akan melakukan pencarian berdasarkan url yang sesuai dengan kata kunci google dan judul+konten yang memuat kata kunci search.

Advance Operator membantu anda menemukan hasil pencarian yang lebih spesifik, selamat mencoba (sumber : majalah CHIP)

About these ads

One response to “MENCARI DENGAN google

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: